Saham Adalah Investasi Menguntungkan, Lantas Bagaimana Agar Sukses Berinvestasi?

 Saham adalah jenis investasi yang kini semakin populer. Pasalnya, jenis investasi ini banyak dilirik orang dari berbagai kalangan.

Bahn, instrumen investasi yang satu ini menjadikan anak-anak muda Indonesia mulai sadar akan pentingnya investasi sejak dini. Para investor pemula banyak yang mengincar saham karena memang memiliki banyak keuntungan. Lalu, bagaimana caranya agar semakin sukses dalam investasi saham?

Saham Adalah Investasi Menguntungkan, Berikuti Tipsnya Agar Sukses Berinvestasi

Sebelum memahami bagaiman tips-tips berinvestasi saham supaya sukses, kamu perlu memahami terlebih dahulu pengertian saham. Saham adalah tanda yang menyatakan bentuk penanaman modal oleh seseorang atau badan usaha kepada suatu perusahaan tertentu. dengan begitu, kamu juga memiliki hak milik atas perusahaan. Berikut tips agar sukses berinvestasi saham:

1.      Baca Laporan Keuangan Perusahaan

Sebelum membeli saham perusahaan tertentu, kamu sebaiknya memahami betul laporan keuangan milik perusahaan tersebut. Dengan melihat laporan keuangan, kamu dapat mengetahui kinerja perusahaan. Jika kinerjanya bagus, maka kamu bisa mulai berinvestasi disana.

Baca laporan keuangan perusahaan.|Unsplash.com

Menurut seorang investor saham profesional, melihat laporan keuangan perusahaan merupakan salah satu kunci sukses dari investasi saham. Sebab, laporan keuangan merupakan kunci dalam memilih emiten tepat. Kamu bisa melihat laba penjualan, modal, dan utang lancar atau macet.

2.      Sabar Menanti Hasil

Hasil terbaik tidak akan diperoleh dengan cara yang instan, sama halnya berinvestasi saham. Sama seperti halnya menurut Lo Kheng Hong, bahwa salah satu tips sukses berinvestasi saham adalah bersabar. 

Sabar menanti hasil.|Unsplash.com

Apabila kamu memulainya dengan cara yang salah, yaitu tidak bersabar dalam menanti hasil justru akan merugi. Oleh karena itu, sebaiknya kamu bersabar sambil memikirkan strategi yang harus dilakukan.

3.      Membeli Saham Dari Bidang Usaha Yang Bagus

Sebelum berinvestasi saham, salah satu strategi yang harus dilakukan adalah memilih bidang usaha. Agar investasi bisa menghasilkan, sebaiknya kamu berinvestasi pada bidang usaha yang mampu bertahan dalam berbagai kondisi ekonomi. Dengan begini, kemungkinan kerugian dapat diminimalisir.

Membeli saham dari bidang usaha yang bagus.|Unsplash.com

Setelah menentukan bidang industri terbaik, selanjutnya adalah menentukan perusahaan mana dimana kamu akan menanam modal. Sebaiknya, pilih perusahaan yang masih memiliki Price to Book Value (PBV) yang kecil, yaitu yang asetnya banyak dan hutanMembei saham dari bidang usaha yang bagus.gnya kecil agar kerugian diminimalisir.

4.      Memilih Perusahaan Yang Menguntungkan

Tips keempat dari Lo Kheng Hong agar investasi saham sukses adalah selalu membeli saham dari perusahaan yang tidak pernah merugi. Perusahaan tempatmu investasi ibarat mesin uang untuk meraih keuntungan.

Memilih perusahaan yang menguntungkan.|Unsplash.com

Perusahaan yang selalu untung dalam setiap kegiatan usahanya, artinya memiliki jejak yang bagus. Dalam berinvestasi, memilih perusahaan dengan jejak yang bagus akan sangat menguntungkan untukmu.

5.      Pilih Perusahaan Dengan Rekam Jejak Pimpinan Yang Baik

Pastikan kamu mengenali seluk beluk perusahaan tempat berinvestasi, termasuk rekam jejak pimpinannya. Salah satu tips sukses berinvestasi saham adalah memastikan perusahaan dipimpin oleh orang-orang berintegritas, jujur, dan reputasinya baik mulai dari jajaran direksi hingga komisarisnya.

Pilih perusahaan yang memiiliki pemimpin dengan rekam jejak baik.|Unsplash.com

Suatu perusahaan yang rekam jejak pemimpinnya baik, akan mendapat nilai positif di masyarakat. Kinerja yang ditunjukkan perusahaan juga akan baik karena dipimpin orang-orang yang berintegritas. Dengan begitu, akan banyak keuntungan yang kamu dapatkan dengan berinvestasi disana.

Yang Harus Dimiliki Seorang Investor Pemula

Apakah kamu berfikir jika menjadi investor saham harus memiliki modal puluhan bahkan ratusan juta terlebih dahulu? Tentu tidak. Pasalnya, berinvestasi saham sekarang sangat mudah karena sudah muncul berbagai aplikasi untuk investasi. Bahkan, kamu hanya memerlukan mulai dari ratusan ribu saja. Kamu hanya perlu berani berinvestasi sekarang juga dan menikmati setiap prosesnya dengan enjoy.

Saham adalah produk investasi yang sangat cocok untuk investor pemula. Sebaiknya, mulai sekarang kamu perlu menyadari pentingnya berinvestasi. Sebab, investasi adalah aset berharga dan tabungan di masa mendatang. Bahkan, kamu bisa menikmati pensiun dini karena sudah punya passive income. Yuk mulai investasi sejak dini!