Cara Mudah Belajar Membaca Untuk Anak-Anak

 Belajar membaca merupakan salah satu aspek dasar yang memiliki dampak positif bagi tumbuh kembang anak-anak, karena dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan bahasa.

Selain itu, dengan membaca juga akan membuat anak menjadi lebih kreatif dan imajinatif, terlebih di era globalisasi seperti saat ini. Hal tersebut penting, karena di era yang serba digital seperti saat ini akan banyak sekali informasi yang didapatkan saat anak gemar membaca. Proses belajar membaca juga akan memberikan dampak positif bagi hubungan antara orang tua dengan anak.

Cara Efektif Belajar Membaca Anak-Anak

Mengajari anak membaca bukan sesuatu yang mudah dan bisa dikatakan sulit. Meskipun demikian, mengajari anak membaca dapat menjadi suatu hal yang menyenangkan bagi orang tua dan anak. Berikut, cara-cara efektif yang dapat kamu lakukan untung mengajari anak membaca.

1.    Biasakan Untuk Membacakan Cerita Atau Buku Pada Anak-Anak

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah dengan dimulai dari orang tua dengan membacakan buku pada anak. Jadikanlah kegiatan membaca sebagai kegiatan yang wajib dilakukan setiap harinya. Kamu bisa membacakan buku dongeng yang disukai oleh anak-anak.

Bacakan cerita pada anak.|Unsplash.com

Luangkan waktu untuk membacakan beberapa buku setiap harinya, misalnya saat anak sedang bermain di siang hari atau sebelum tidur di malam hari. Hal tersebut juga sangat bermanfaat untuk kamu karena dapat dengan langsung menyaksikan perkembangan anak dan mengetahui jenis buku apa yang disukainya.

2.    Pilih Jenis Buku Menarik Yang Disukai Oleh Anak

Cara berikutnya yang harus dilakukan proses belajar membaca anak yakni dengan memilih jenis buku yang disukainya. Jika anak tersebut menyukai buku dongeng, pilihkan buku dongeng yang isi ceritanya sesuai dengan anak-anak.

Pilih buku anak yang menarik.|Unsplash.com

Ketika anak-anak memilih buku kesukaan, maka proses belajar juga akan cenderung lebih mudah dan tidak membosankan. Pastikan juga kamu memahami isi dari buku tersebut, karena selain anak menjadi bisa baca juga akan menambah pengetahuannya.

3.    Gunakan Metode Lagu

Cara efektif selanjutnya dalam mengajari anak membaca yakni dengan menggunakan metode lagu. Cara ini dapat menarik perhatian anak-anak dan menghindari rasa bosan. Sehingga, tanpa disadari anak akan gemar membaca.

Gunakan metode lagu.|Unsplash.com

Selain itu, lewat metode pembelajaran menggunakan lagu juga, kamu bisa memindahkannya ke metode fonik (hubungan antara huruf dengan bunyi). Kemudian, meminta anak untuk menyebutkan atau membuat suara dari huruf yang dinyanyikan.

4.    Membaca Tulisan Apa Saja Yang Ditemuinya

Tidak hanya terbatas pada buku bacaan, anak-anak juga bisa diarahkan untuk membaca kata-kata yang ada di lingkungan sekitar. Misalnya, saat anak membeli camilan kamu bisa mengarahkan anak untuk membaca komposisi apa saja yang terkandung dalam camilan tersebut.

Dengan frekuensi membaca yang cukup sering, akan menjadi permainan yang menyenangkan bagi anak. Kamu juga bisa juga mengajak anak bermain ke luar sambil memintanya menyebutkan kata-kata yang ada di rambu-rambu atau banner.

Jangan Memaksakan Anak Untuk Langsung Sempurna Dalam Membaca

Perlu diperhatikan untuk jangan memaksakan anak dapat langsung membaca dengan sempurna, karena semuanya perlu proses yang bertahap. Kamu perlu memberikan dukungan penuh serta semangat agar anak dapat lebih termotivasi untuk lebih gemar membaca.

Mengajari anak membaca perlulah disertai dengan kesabaran karena bukan merupakan hal yang mudah. Pastikan juga untuk menciptakan suasana menyenangkan ketika belajar membaca agar anak-anak lebih semangat dan tidak merasa bosan.