Bingung Cari Ide Masakan Rumahan Sederhana Untuk Cemilan? Simak Ini Yuk!

 Masakan rumahan tidak hanya berbentuk makanan berat saja seperti nasi atau semacamnya, karena dalam rumah pun biasanya harus disediakan beberapa camilan untuk dimakan.

Cemilan di rumah seringkali menjadi teman ketika sedang bersantai atau menghabiskan waktu luang di rumah bersama keluarga. Biasanya, cemilan dapat mudah dibeli di beberapa toko atau kios makanan. Di toko tersebut pun disediakan berbagai macam cemilan. Namun, cemilan pun ternyata dapat dibuat sendiri di rumah dan tentunya rasanya akan lebih lezat.

Masakan Rumahan untuk Cemilan

Terdapat berbagai macam cemilan yang dapat dicoba untuk dibuat sendiri. Selain menghemat, rasa dan porsinya pun dapat disesuaikan sesuai dengan keinginan. Selain itu, cemilannya pun akan lebih sehat karena dibuat di rumah. Apabila membeli, risiko kesehatan makanan pun tampaknya cukup rendah. Oleh sebab itu, inilah beberapa ide cemilan yang dapat dibuat sendiri di rumah.

1.    Martabak Mie Kornet

Ide resep pertama adalah martabak mie kornet. Martabak ini dapat menjadi cemilan rumahan, khususnya untuk keluarga yang menyukai makanan gurih dan pedas. Sebelum memulai untuk memasak cemilan ini, persiapkanlah bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu dipersiapkan.

Martabak mie kornet.|Unsplash.com

  • 2 telur
  • 2 bungkus mie instan goreng (rebus sampai setengah matang)
  • 3 daun bawang
  • 1 sachet kornet sapi
  • Garam dan lada sesuai dengan selera
  • 2 cabai merah dan 3 cabai rawit yang telah dipotong-potong
  • 4 siung bawang merah dan 2 bawang putih yang telah diiris tipis

Setelah menyiapkan bahan-bahan tersebut, panaskan minyak dan tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai sampai harum. Setelah itu, masukkan kornet sapi dan aduk rata. Lalu, masukkan mie dalam wadah dan campur dengan bumbunya serta, tambahkan garam dan lada secukupnya. Masukkan mie tersebut dan kornet dalam adonan martabak mini.

2.    Lumpia Pisang Coklat

Masakan rumah selanjutnya cocok untuk keluarga yang menyukai makanan manis. Makanan ini dapat ditemukan dengan mudah di pedagang gorengan. Namun, membuat masakan sendiri di rumah tentunya akan menghadirkan rasa yang lebih lezat dan makanan pun lebih sehat. Sebelum membuat lumpia pisang, siapkan bahan-bahan di bawah ini.

Lumpia pisang coklat.|Unsplash.com

  • Pisang raja yang sudah dipotong-potong
  • Kulit lumpia
  • Keju milky soft yang telah diparut
  • Meses rasa coklat
  • Putih telur secukupnya

Setelah itu, ambil kulit lumpia dan isilah dengan pisang raja. Lalu, taburi meses dan keju yang telah diparut diatas pisang tersebut. Selanjutnya, lipat dan gulung lumpia menggunakan putih telur di pinggirnya sebagai perekat. Goreng lumpia tersebut sampai matang atau berubah warna. Tiriskan lumpia sampai tidak ada minyak tersisa. Lumpia coklat sudah dapat disajikan.

Keuntungan Memasak Makanan Rumahan Sendiri

Apabila keluarga suka memakan cemilan, maka disarankan untuk membuat cemilan sendiri. Pasalnya, membeli cemilan di luar tidak dapat dijamin kesehatannya. Karena minyak untuk menggoreng cemilan tersebut biasanya dipakai secara berulang kali. Sehingga, cenderung kurang sehat dibandingkan dengan memasak cemilan sendiri di rumah. Selain itu, memasak sendiri pun dapat lebih menghemat uang.

Untuk membuat cemilan rumahan yang sedap dan sehat, dua ide resep di atas dapat dipertimbangkan untuk masuk dalam list masakan. Jangan lupa untuk selalu memasak makanan menggunakan bahan-bahan yang sehat dan bersih. Agar setiap makanan yang dimakan pun tetap memberikan nutrisi, gizi, dan protein yang seimbang untuk keluarga.