Bagaimana Cara Memilih Bahan Hijab Yang Cocok?

 Hijab merupakan suatu kebutuhan bagi seorang Muslimah. Namun, setiap kerudung memiliki bahan yang berbeda. Sehingga hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kenyamanan saat digunakan.

Hijab sangat penting digunakan bagi seorang Muslimah. Hal ini karena dapat membantu para Muslimah untuk menutup aurat. Di Era yang sekarang sudah banyak model, bahan, dan warna yang tersedia. Sehingga kamu lebih mudah memilih mana hijab yang cocok untukmu.

Cara Memilih Bahan Hijab Yang Cocok

Kamu khawatir hijabmu mengurangi kenyaman maupun menghalangi aktivitas? Mulai sekarang kamu tenang aja. Pasalnya, ada cara untuk mengatasi hal tersebut. Yaitu dengan memilih bahan  yang cocok untuk kamu. Dengan begitu, kamu pasti akan lebih percaya diri. Inilah beberapa cara untuk memilih bahan yang cocok!

1.    Pilih Bahan Yang Adem

Bahan hijab seperti ini dapat membuatmu lebih nyaman. Baik di suhu panas maupun suhu dingin. Jika membelinya secara offline atau di toko,  kamu dapat memastikannya dengan  menyentuhnya secara langsung. Namun, jika kamu membelinya secara online, baik di sosial media maupun marketplace.

Pilih bahan yang adem.|Unsplash.com

Kamu dapat membaca detail deskripsi produk. Biasanya penjual akan mencantumkan informasi lengkap disana. Selain itu, kamu pun dapat menanyakan langsung kepada seller nya. Jika hal tersebut tidak tercantum di detail produk.

2.    Bahannya Tidak Berbulu

Pasti kamu akan merasa risih apabila bahannya berbulu, bukan? Hal ini tentu akan mengganggu penampilan bahkan kenyamanan.  Bahan yang berbulu tentu akan mempengaruhi warna dan tidak akan tahan lama. Bahan seperti ini ada yang dapat dilihat langsung dan tidak.

Pilih bahan tidak berbulu.| Unsplash.com

Maka kamu perlu melihatnya secara detail. Dikarenakan beberapa bahan yang memang ada di etalase dan ada yang diluar. Maka minta izinlah kepada penjual untuk melihatnya lebih lama sebelum memeriksa bahan.  Sehingga dapat dipegang langsung.

3.    Disesuaikan Dengan Pakaian

Kamu pun dapat menyesuaikan bahan kerudung dengan pakaian yang dikenakan. Misalnya, jika kamu ingin pergi ke café atau acara casual, dapat menggunakan bahan katun paris. Begitupun untuk acara formal, kamu dapat mengenakan kerudung bahan satin.

Sesuaikan dengan pakaian.|Unsplash.com

Dengan begitu, bahan kerudung akan serasi dengan pakaian yang dikenakan. Jika tidak mengetahuinya, kamu dapat menanyakannya langsung kepada penjualnya. Namun, bagi kamu yang membelinya secara ke toko, dapat langsung mengetahuinya dengan memegang bahan tersebut.

4.    Tidak Kaku

Usahakan cari bahan yang tidak kaku. Pasalnya, jika bahannya seperti ini akan membuat tidak nyaman. Memang kelebihan dari bahan ini mudah dibentuk dan lebih murah. Akan tetapi, tidak fleksibel dan terasa panas. Selain itu, biasanya bahan kerudung seperti ini pun memiliki serat yang padat.

Bahan tidak kaku.|Unsplash.com

Sehingga wajar, apabila kamu kepanasan ketika menggunakannya. Untuk menghindari hal tersebut kamu dapat memilih bahan yang sifatnya lembut, memiliki bobot ringan, tidak memiliki serat yang padat, dan lain sebagainya.

Cara Merawat Hijab Agar Tahan Lama

Nah, merawat hijab pun sama pentingnya dengan memilih bahan. Pasalnya, jika tidak dirawat akan mudah rusak atau tidak tahan lama. Untuk menjaganya, kamu dapat mencucinya setelah digunakan dengan sabun pakaian yang cair, berikan pelembut atau pewangi, dan usahakan tidak menyetrikanya dengan suhu terlalu panas. Selain itu, perhatikan pula setiap jenis kerudung yang dibeli. Pasalnya ada beberapa yang memerlukan perawatan khusus.

Bahan hijab memang sangat penting untuk diperhatikan sehingga membuatmu lebih leluasa dalam beraktivitas. Baik ketika musim hujan maupun musim panas. Jadi, yuk mulai sekarang lebih cermat lagi dalam memilih bahan. Sehingga kamu bisa nyaman setiap saat.