3 Tips Belajar Bahasa Korea Secara Otodidak

 Belajar bahasa korea merupakan hal yang saat ini banyak dilakukan oleh kalangan muda. Saat ini, Korea merupakan Negara yang tengah banyak disukai oleh kalangan muda.

Hal tersebut dikarenakan drama korea dan K-Pop menjadi favorit para kawula muda. Sehingga, bahasa dan tradisinya pun banyak diikuti oleh orang-orang. Mulai dari cara berpakaian, make up look, dan sebagainya. Bahasa korea pun menjadi salah satu bahasa yang saat ini dipelajari oleh banyak orang, khususnya penggemar korea atau K-Pop.

Tips Belajar Bahasa Korea Secara Otodidak

Mempelajari bahasa Korea memang cukup bermanfaat. Karena bahasa merupakan media utama untuk berkomunikasi. Sehingga jika mendapatkan kesempatan untuk datang ke Negara Korea, tidak akan canggung untuk berkomunikasi dengan orang lain. Terdapat beberapa tips untuk mempelajari bahasa Korea, khususnya apabila belajar secara otodidak. Simak penjelasannya di bawah ini!

1.    Menonton Film atau Drama Korea

Tips pertama adalah dengan menonton drama Korea. Tips ini merupakan hal yang tentunya akan cukup menyenangkan untuk dilakukan oleh para penggemar Korea. Karena menonton drama korea menjadi salah satu hal yang seringkali dilakukan oleh para penggemar Korea atau K-Pop. Sehingga, belajar dengan menonton akan cukup menyenangkan.

Menonton film atau drama.|Unsplash.com

Menonton drama Korea akan membantu untuk memahami bahasa Korea. Lakukanlah dengan menggunakan subtitle. Lalu, pelajari pelafalan, aksen, dan dialek dari aktor yang memainkan drama tersebut. Apabila dirasa sudah cukup paham terkait apa yang disampaikan aktor, maka cobalah untuk menonton drama Korea tanpa subtitle. Lalu, pahami setiap dialognya.

2.    Belajar Melalui Situs Online

Saat ini, perkembangan teknologi semakin memudahkan manusia untuk melakukan berbagai macam hal. Salah satunya adalah belajar bahasa asing. Kini, telah banyak situs online yang menyediakan pembelajaran bahasa korea. Pada beberapa situs tersebut, belajar bahasa Korea dapat dilakukan secara gratis dan mudah.

Belajar melalui situs online.|Unsplash.com

Terdapat beberapa situs yang tersedia. Diantaranya adalah seoulina.com, learn-korea.net, Korean.go.kr, dan talktomeinkorean.com. Dalam situs tersebut, terdapat beberapa materi dan latihan yang dapat dilakukan. Di situs tersebut pula, terdapat pembelajaran mengenai tata bahasa dan pola kalimat yang terkandung dalam bahasa Korea.

3.    Belajar Menggunakan Aplikasi

Tips berikutnya adalah belajar menggunakan aplikasi. Selain situs online, terdapat beberapa aplikasi pula yang menyediakan pembelajaran untuk bahasa Korea. Sama halnya seperti situs online, di aplikasi pun dapat mengakses beberapa materi dan video pembelajaran. Setiap video pembelajaran, memuat materi yang bervariasi.

Belajar menggunakan aplikasi.| Unsplash.com

Aplikasi yang dapat digunakan untuk mempelajari dan melatih bahasa Korea adalah Duolingo, Quizlet, Memrise, Drops, Naver Korean Dictionary, Eggbun, dan Hellotalk. Penggunaan aplikasi tersebut dinilai cukup efektif dalam mengasah dan melatih kemampuan dalam bahasa Korea.

 

Kesalahan Umum Saat Belajar Bahasa Korea

Banyaknya media yang dapat digunakan untuk mempelajari bahasa tersebut menjadi salah satu kemudahan untuk manusia. Namun, terkadang terdapat beberapa kesalahan yang dilakukan saat mempelajari bahasa ini. Misalnya saja, kurang mendengarkan pelafalan bahasa Korea sehingga tidak menerapkannya dengan baik. Selain itu, tidak mempelajari hangeul yang merupakan unsur penting dalam bahasa Korea.

Belajar bahasa memang menyenangkan, terlebih jika sudah menemukan metode yang nyaman untuk dilakukan. 3 tips di atas dapat menjadi pertimbangan untuk memulai mempelajari bahasa korea. Lalukanlah secara rutin, agar mendapatkan hasil yang maksimal. Sehingga, akan lebih cepat untuk mengetahui dan menguasai penggunaan bahasa Korea ini.