3 Cara Menabung Efektif yang Wajib Dicoba!

 Cara menabung merupakan hal yang perlu diketahui oleh banyak orang. Pasalnya, menabung merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan masa depan yang baik.

Menyisihkan uang seringkali dianggap hal yang tidak terlalu penting untuk dilakukan. Padahal, menabung menjadi salah satu kegiatan yang baik. Menabung akan membuat manusia mendapatkan masa depan yang cerah. Selain itu, menabung pun membuat manusia agar dapat hidup lebih hemat dan tidak memboroskan uang untuk hal yang tidak penting.

Cara Menabung yang Efektif

Menabung memang bukanlah hal yang mudah. Karena terkadang menghabiskan uang akan lebih mudah dibandingkan menyisihkan uang. Selain itu, menabung pun seringkali dianggap beban. Hal tersebut yang akhirnya membuat orang-orang merasa malas untuk menyisihkan sejumlah uangnya. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan agar mau dan mampu menabung dengan rutin. Simak penjelasannya di bawah ini!

1.    Menabung Uang dengan Nominal Terkecil

Cara pertama adalah dengan menabung menggunakan uang yang nominalnya paling kecil. Caranya adalah dengan mengecek uang kertas yang ada di dompet. Setelah itu, pilih uang yang nominalnya paling kecil untuk ditabungkan. Misalnya, terdapat sejumlah uang dengan nominal 100.000 sampai 10.000. Maka, tabungkan uang 10.000 tersebut.

Mulai menabung dengan nominal kecil.|Unsplash.com

Selain itu, pertimbangkan atau tetapkan pula jadwal untuk menabung. Misalnya, dua kali dalam sehari. Maka, cek dompet selama 2 kali dalam sehari pada siang dan malam hari. Hal tersebut dapat membantu agar tidak terlalu menganggap menabung sebagai beban. Karena yang ditabungkan adalah nominal paling kecil.

2.    Metode Menabung 20.000

Cara menabung selanjutnya merupakan cara populer yang diusung oleh Ippho Santosa, seorang motivator. Caranya adalah dengan menabungkan semua uang yang memiliki nominal sebesar Rp. 20.000. Apabila menemukan uang di dompet, uang saku, uang kembalian, dan sebagainya yang berjumlah Rp. 20.000, masukkanlah uang tersebut ke tabungan.

Mulai menabung dengan uang Rp 20.000.| Unsplash.com

Cara ini menjadi cukup efektif, karena uang Rp. 20.000 merupakan nominal yang tidak terlalu sering dimiliki. Namun, tidak jarang pula untuk dimiliki. Apabila nominal Rp. 20.000 dirasa terlalu sulit atau terlalu tinggi. Maka, dapat menurunkan nominal tersebut menjadi Rp. 10.000 atau Rp. 5.000. Namun, tetap gunakan cara seperti di atas.

3.    Metode Menabung Sesuai Tanggal

Cara selanjutnya membutuhkan komitmen dari setiap diri individu. Karena cara ini mengharuskan menabung secara teratur dalam setiap harinya. Jangan sampai ada hari yang tertinggal atau dikosongkan untuk menabung. Karena akan mengubah urutan nominal dan jumlah tabungan di akhir nanti.

Menabung sesuai tanggal.|Unsplash.com

Caranya adalah menabung dengan nominal yang berurutan. Misalnya, tanggal 1 harus menabung sejumlah Rp. 30.000. Tanggal 2 harus menabung sejumlah Rp. 29.000. Tanggal 3 menabung sejumlah Rp. 28.000, dan seterusnya.

Cara Menabung yang Harus Dihindari

Selain cara efektif, terdapat pula cara kurang efektif yang wajib dihindari. Diantaranya adalah menabung dengan tidak konsisten, yaitu menabung dalam jangka waktu 1-2 bulan saja. Padahal, seharusnya menabung dilakukan secara rutin dan berkepanjangan. Selain itu adalah menabung dengan nominal yang selalu besar. Menabung seharusnya memang disesuaikan dengan kondisi finansial.

Menabung menjadi hal yang mudah untuk dilakukan apabila menemukan cara yang tepat. Karena tidak akan lagi menganggap menabung sebagai beban. Lakukanlah salah satu cara di atas sesuai dengan kemampuan dan keinginan. Jangan lupa untuk konsisten dalam menabung, agar hasil yang diinginkan lebih maksimal.