3 Cara Mahir Bermain Sepak Bola Yang Wajib Diketahui!

 Sepak bola merupakan hobi dan olahraga yang banyak digemari oleh laki-laki. Banyak orang yang pada akhirnya bermimpi untuk menjadi pemain bola yang mahir.

Olahraga ini menjadi favorit, karena permainannya memang tidak terlalu kompleks seperti olahraga lainnya. Olahraga ini pun tidak memerlukan tempat yang jauh atau khusus. Tanah lapang pun dapat dimanfaatkan untuk berlatih bola. Sehingga, tidak heran apabila akhirnya olahraga ini menjadi pilihan banyak orang untuk ditekuni dan dilatih kemampuannya.

Cara Agar Mahir Dalam Bermain Sepak Bola

Sama halnya seperti olahraga lainnya, olahraga ini pun diperlukan latihan yang rutin agar menjadi mahir. Selain latihan, diperlukan pula adanya komitmen, ketekunan, dan keuletan. Karena latihan yang tidak dibarengi dengan ketekunan, maka hasilnya tidak akan maksimal. Banyak orang yang memutuskan untuk latihan, tetapi tidak dilakukan dengan cara yang tepat. Lantas, apa saja cara efektif agar mahir dalam olahraga bola?

1.      Melatih Keterampilan Kaki

Pondasi utama dalam bermain bola adalah kaki. Maka, keterampilan kaki pun cukup penting untuk selalu ditingkatkan. Cobalah untuk berlatih menggiring bola dalam jarak 27 meter. Lalu, variasikan kecepatan selama menggiring dan menggerakan bola. Lakukanlah pula beberapa gerakan, misalnya menghentikan bola, menggerakkan, atau mengubah posisi dan arahnya.

Melatih keterampilan kaki.|Unsplash.com

Selain itu, terdapat beberapa latihan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan kaki. Misalnya, melakukan drill untuk memantulkan bola dalam jarak pendek, menembak dan mengumpan bola saat sedang berlari, mendribel bola dengan pola terkontrol. Cobalah pula untuk menendang bola ke berbagai arah agar memperoleh putaran bola.

2.      Melatih dan Meningkatkan Kemampuan untuk Mengontrol Bola

Cara berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kemampuan dalam mengontrol bola. Caranya adalah menggerakkan kaki dengan cepat sambil mengontrol bola selama berlari. Cobalah untuk memantulkan bola ke bagian kanan dan kiri dengan cepat.

Latihan untuk mengontrol bola.|Unsplash.com

Setelah itu, letakkan bola di antara betis kanan dan kiri. Lalu, gulirkan kaki kanan bawah di atas bola dan bawalah bola tersebut ke kanan. Setelah digulirkan, oper bola ke bagian kaki kiri. Lalu, lakukan cara yang sama seperti sebelumnya agar semakin mahir dalam sepak bola.

3.      Meningkatkan Intelegensi

Selanjutnya adalah dengan meningkatkan intelegensi. Selain latihan, diperlukan pula mengetahui beberapa pengetahuan dan teknik dalam bermain bola. Hal ini berguna sebagai strategi yang nantinya akan dipraktikan saat bermain bola.

Meningkatkan intelegasi.|Unsplash.com

Cobalah untuk menonton pertandingan bola di televisi atau YouTube, bahkan secara langsung. Perhatikan teknik dan strategi yang dilakukan oleh para pemain. Selain itu, cobalah pula membaca buku atau tulisan terkait teknik atau dasar-dasar taktik yang perlu diketahui dalam bermain bola.

Teknik yang Wajib Dikuasai Oleh Pemain Sepak Bola

Selain melakukan latihan, terdapat beberapa teknik yang wajib untuk diketahui dan dikuasai oleh pemain bola. Hal ini agar kemahiran bermain bola pun semakin meningkat. Yaitu adalah shooting (menendang bola), heading (menyundul bola), trapping (mengontrol bola), dribbling atau menggiring bola, dan passing (mengoper bola). Teknik tersebut wajib untuk dikuasai.

Untuk mahir dalam bermain sepak bola, tentunya tidak dapat dilakukan secara tiba-tiba. Namun, perlu ada latihan dan pengetahuan yang wajib diketahui. Lakukanlah tiga cara di atas secara rutin. Agar kemampuan atau skill bermain bola pun semakin terlatih. Untuk menunjang kesehatan, kamu dapat menerapkan gaya hidup sehat. Jadi, yuk berlatih agar mendapatkan hasil yang maksimal!