Apa Saja Contoh Gaya Hidup Hedonis?

Gaya hidup hedonis merupakan sebuah pola hidup seseorang yang lebih mengutamakan kesenangan. Sehingga hal tersebut pun mempengaruhi setiap keputusan yang diambilnya.

Gaya hidup seperti ini memang banyak ditemui di era ini. Ditambah dengan perilaku konsumtif masyarakat yang tinggi. Orang yang memiliki pola hidup seperti ini tidak jarang akan memprioritaskan kesenangan semata dan akan menghindari hal-hal yang menyakiti diri mereka sendiri.

Contoh Gaya Hidup Hedonis

Sebenarnya gaya hidup hedonis memiliki dampak negatif dan positif. Tergantung dari apa yang dilakukan dan hal yang membuatnya senang. Pasalnya, setiap orang memiliki kesenangannya sendiri. Namun, biasanya pola hidup seperti ini cenderung mengarah pada hal negatif. Untuk lebih memahaminya, inilah beberapa contoh pola hidup hedonis yang ada di kalangan masyarakat, diantaranya!

1.      Membeli Barang Yang Tidak Dibutuhkan

Salah satu contoh yang paling umum terjadi adalah membeli sesuatu, bahkan dengan harga mahal dan berlebihan. Namun, barang tersebut tidak dibutuhkan. Alasan membelinya hanya karena menyukainya saja.

Membeli barang yang tidak dibutuhkan.|unsplash.com

Misalnya, kamu sedang membutuhkan bahan pokok, seperti beras, telur, sayur, dan lain sebagainya. Namun, kamu malah membeli baju dan aksesoris. Hanya karena baju dan aksesoris tersebut sangat lucu dan kamu sangat menyukainya.

2.      Membeli Barang Mewah

Benda atau produk yang mewah, secara tidak langsung sering dianggap akan menaikan kelas sosial. Meskipun begitu, alasan setiap orang membeli barang mewah pun berbeda. Ada yang butuh karena kualitasnya yang bagus, tetapi ada pula yang membelinya hanya karena kesenangan.

Membeli barang mewah.|unsplash.com

Seperti halnya, seseorang membeli mobil dengan harga yang fantastis, tetapi sebenarnya ia tidak membutuhkannya. Padahal ia sudah memiliki mobil dan mobil sebelumnya, tidak terpakai. Hal seperti ini, pasti sering kamu lihat, bukan?

3.      Mentraktir Teman-Teman Dengan Cara Berhutang

Sesekali mentraktir makan ataupun membeli produk untuk teman, itu boleh dan sangat baik. Namun, akan menjadi boomerang tersendiri. Jika kamu mentraktir teman-teman dengan cara berhutang kepada orang lain.

Menelaktir teman dengan cara berhutang.|unsplash.com

Hal ini dikarenakan sebenarnya, kamu tidak sanggup untuk melakukan hal tersebut. Maka, hindarilah aktivitas yang sebenarnya merugikan kamu. Tidak perlu khawatir pula, jika teman-teman kamu menjauh. Hanya karena tidak ditraktir, pasalnya jika memang ingin berteman, maka dia akan stay bareng kamu.

4.      Membeli Makanan Yang Mahal Setiap Hari

Makan merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh manusia, supaya ia mendapat energi dan dapat beraktivitas dengan lancar. Tentu makanan tersebut, haruslah bergizi sehingga memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Membeli makanan mahal setiap hari.|unsplash.com

Namun, makanan yang bergizi bukan berarti harganya mahal. Ada pula makanan yang memang harganya terjangkau. Meskipun sebenarnya, sah-sah saja jika kamu ingin membelinya. Akan tetapi, apabila aktivitas ini dilakukan setiap hari bahkan sampai memaksakan diri, bisa jadi kamu memiliki gaya hidup hedonis.

5.      Mementingkan Kesenangan

Membuat diri senang merupakan hal yang perlu dilakukan oleh setiap orang. Dengan begitu, diri akan merasa lebih bahagia dan akan timbul rasa percaya diri. Namun, untuk mendapatkan kebahagian tersebut tidak harus mengorbankan masa depan, bukan?

Mementingkan kesenangan.|unsplash.com

Pasalnya, gaya hidup seperti ini sering mengutamakan kesenangan dibandingkan dampak yang akan diterima oleh dirinya di masa mendatang. Misalnya, seseorang lebih banyak menggunakan waktunya untuk bersenang-senang bareng teman temannya, dibandingkan dengan belajar atau mengasah skill untuk membuat dirinya berkembang.

 Dampak Negatif Gaya Hidup Hedonis

Gaya hidup hedonis memiliki dampak yang sangat berpengaruh kepada kehidupan pribadi bahkan sosial seseorang. Dampak tersebut diantaranya adalah dapat memicu seseorang untuk boros, malas, konsumtif, egois, dan individualis.

Untuk mencegah beberapa hal tersebut, kamu dapat mencoba gaya hidup baru. Selain itu, cobalah untuk menyeleksi lingkungan pertemanan, menentukan prioritas, hidup secara sederhana, dan lebih mensyukuri apa yang kamu miliki. Yuk tinggalkan gaya hidup hedonis secara perlahan-lahan!